Sunday, December 11, 2016

Tadabur-7: Lupa Peringatan Maulid Nabi











Klik image di atas untuk memperjelas
Qul in kuntum tikhibbunalloha fattabi'uni yukhbibkumullohu wa yaghfirlakum wallohu ghofurun rokhimun




  Katakan (Muhammad) jika kalian cinta kepada Alloh maka ikutilah saya , Alloh (pun) akan cinta kepadamu dan mengampunimu dan Alloh maha mengampuni (lagi) maha penyayang.

Rosulullohi Muhammad SAW hadirs di tengah-tengah umat dalam durasi 63 tahun. Pengaruhnya begitu besar terhadap dunia. 
Nabi Muhammad dalam urutan pertama daftar Seratus Tokoh yang berpengaruh di dunia mungkin mengejutkan sementara pembaca dan mungkin jadi tanda tanya sebagian yang lain. Nabi Muhammad satu-satunya manusia dalam sejarah yang berhasil meraih sukses-sukses luar biasa baik ditilik dari ukuran agama maupun ruang lingkup duniawi. Berasal-usul dari keluarga sederhana, Muhammad menegakkan dan menyebarkan salah satu dari agama terbesar di dunia, Agama Islam. Dan pada saat yang bersamaan tampil sebagai seorang pemimpin tangguh, tulen, dan efektif.

Daftar 100 Tokoh Paling Berpengaruh di Dunia di sepanjang sejarah, dimana Nabi Muhammad SAW ditempatkan pada rangking pertama dapat dilihat di sini.

Tentu penempatan itu didasarkan pada realita yang dirasakan.
Efek tersebut yang tampak secara lahiriyah.

Tugas suci yang diemban Rosululloh SAW sangat mulia. Mengentaskan manusia dari jurang kehinaan dan neraka. Bukti kasih sayang Alloh SWT sang pencipta kepada makhuknya.Rohmatan lil alamin.

Umat manusia yang diberi utusan Rosulullohi SAW benar2 mendapat anugerah yang besar. Tentunya dengan cara itiba' tuntunannya yang sekarang maktub dalam kitab hadits sokhih.

Hamba yang beriman mencintai Allog SWT dibuktikan dengan mengikuti sabdanya. 
" .......... Dan apa yang didatangkan Rosul maka ambillah dan apa yang dicegah , jauhilah " QS.Al-Khasr (59);7.

Perintah Alloh SWT kepada hambanya atas rosul adalah untuk mengikuti tuntunannya.
Rasa hormat dan mengagungkan tentu saja terpatri dalam hati hamba yang bertaqwa.

" Demikian (perintah Alloh) barang siapa mengagungkan tanda-tanda kekuasaan Alloh maka yang demikian dari ketaqwaan hati "  QS.Hajj (22) :32.

Bagaimana jika hamba lupa atau bahkan tidak mengetahui tarekh tanggal lahirnya?

Meski tidak memperingati hari kelahiran (maulid) Nabi Muhammad SAW karena lupa, tidaklah menjadikan amalannya menjadi tidak sah, atau dianggap tidak menghormati Rosulallohi SAW.

Peringatan memang penting agar masyaraka tidak lupa. Tidak lupa ternyata punya utusan kiriman dari Alloh SWT untuk membimbing menuju hidayah Alloh SWT.

Lupa tidak ikut memperingati hari lahir beliau insyaAlloh bukan berarti di kiyamat kelak kemudian tidak mendapar safaat.
Seorang mendapat safaat atau tidak bukan tergantung di dunianya apakah dia memperingati maulid Nabi atau tidak. Tetapi seberapa dekat dengan rosul dalam mengkaji dan mengikuti tuntunannya dalal Kitab hadits shokhih.
 

No comments:

Ilmu , Batasannya Apa ?

Di era informasi akhir-akhir ini dunia  medsos menyedot banyak perhatian. Salah satu aplikan yang paling populer yaitu WhatAps. Piranti luna...