Wednesday, June 1, 2016

Pembahasan LPM Kajian no.26-B : Jawaban Ihdinas-Shirotol Mustaqim



Klik gambar di atas untuk memperbesar

Wa anna hadza shiroty mustaqima fatabi'uhu wa laa tattabi'u subula fa tafar-roqo bikum 'an sabilihi dzalikum washokum bihi la'al-lakum tattaqun.

Dan sesungguhnya ini (qur'an) adalah jalanKU yang lurus, maka mengikutilah kalian, dan janganlah kau mengikuti beberapa jalan (selain Quran) maka berpecahbelah kalian dari jalan Alloh, demikian (Alloh) wasiat kepada kalian agar kalian bertaqwa. 

Menengok postingan sebelumnya (ke-26) tentang permohonan kepada Alloh SWT yang dipanjatkan oleh setiap umat yang menjalankan sholat, maka inilah rahasia jawaban dari Alloh SWT.
Tidak lain umat manusia agar mempelajari Kitab Quran lebih dalam lagi.

Untuk mendapatkan petunjuk menuju jalan kebenaran sehingga berada pada jalan yang sama dilalui para pendahulu yang telah Alloh berikan ni'mat keimanan dan hidayah maka dalam mencari petunjuk/hidayah umat Islam agar kembali kepada Kitabillah dan dilarang mengikuti pedoman, petunjuk, ucapan selain yang terdapat dalam al-Quran.

Mengapa, jika dalam ta'al-lam/belajar selain Quran masih dicampir dengan pengertian yang didapat dari luar quran maka akan tersesat dari jalannya Alloh SWT.

Langkah kongkritnya segeralah miliki kitab, kemudian datang atau menghubungi tempat2 kajian yang menyelenggarakan kajian Quran mulai dari bacaan, makna dan keterangan.

Seseroang dapat paham apakah itu perintah, larangan maupun cerita2 ketauladanan karena mereka mengerti maksudnya. Kajian dengan sebatas membaca meskipun khatam berulang kali namun boleh jadi apa yang diamalkan justru berlawanan dari kandungan ayat yang dibaca.

Dengan makin tersedianya Kitab Quran dari berbagai penerbitan menjadikan kita para pengguna dimanjakan dalam keleluasaan memilih jenis, warna, sampul dll, namun sebagus apapun mushkhaf al-Quran kalau tidak dikaji keterangannya, tidak akan banyak memberi arti dalam kehidupan.

Ikuti terus kajian arti kata demi kata "artamita" semoga dengan berjalannya waktu , Alloh SWT mempertemukan kita dengan hidayah menuju keselamatan dunia-akhirat, 
aamin.

Tulisan yang relevan:

Menerima Anugerah Besar Dari Alloh SWT
  
 http://artamita.blogspot.co.id/2016/04/pembahasan-lpm-kajian-no21-menerima.html 
  

No comments:

Kapan Dipanggil Alloh Swt

Semua manusia dilahirkan di atas bumi, kecuali Nabi Adam A.s. langsung dicreat dengan tangan Alloh Swt. Dalam kitab " Bad'ul kholqi...