Monday, February 1, 2016

Pembahasan LPM Kajian No.15 : Ilmu Bekal Mencapai Sukses Dunia - Akhirat











Klik immage di atas untuk memperjelas

NB: untuk mencari arti kata , amati ketikan untuk warna hijau adalah lafadz Arabiyahnya sedangkan warna biru adalah terjemahan dalam Bhs.Indonesia. Semoga Saudara yang ingin mengerti dan dapat praktek mengartikan kata demi kata tidak mengalami kesulitan.

wa qola Ali karromallohu waj hahu man aroda dun-ya fa'alaihi bil 'ilmi wa man aroda al-akhirota fa 'alaihi bil 'ilmi wa man aroda huma fa 'alaihi bil 'ilmi
Dan berkata (siapa) Ali semoga Alloh memuliakan wajahnya , barang siapa menghendaki dunia maka atasnya ilmu, dan barang siapa menghendaki akhirat maka atasnya ilmu dan barang siapa menghendaki keduanya maka dengan ilmu.

Hadits ini demikian jelas bahwa apapun yang akan diraih memerlukan pengetahuan yang memadai. Ilmu sebagai persyaratan tercapainya sesuatu terkadang mengikuti pola yang sudah teratur, formal seperti sekolah, kuliah, kursus ketrampilan dll. Namun ada yang sifatnya langsung praktek di lapangan misalnya ingin menjadi tukang kayu, maka boleh jadi langsung diajari dengan cara menjadi kenek/pembantu.

Untuk memperolah keduniaan sekecil apapun tingkatannya memerlukan ilmu pengetahuan.

Terlebih ingin mencari kesuksesan akhirat.

Tidak sedikit seruan dari Alloh SWT melalui firman yang terangkum dalam Kitabillah /al Quran ataupun dari Rosulullohi SAW dengan sabdanya yang sekarang kita jumpai dalam kitab hadits.

Sampai ditegaskan oleh Alloh SWT jangan kau amalkan apapun urusan agama /ibadah selagu kalian belum/tidak tahu ilmunya. 

Saudara2 ku , bagaimana mengikuti kajian hingga posting ke-15 ini saya harap tidak ada kesulitan yang berarti.

No comments:

Diperintah Bertanya

  Bismillah